Laman


Selamat Datang di rumah PrabuMatram.blogspot.com

Live Economic Calendar Powered by Forexpros - The Leading Financial Portal

Selasa, 27 September 2011

Ekonomi Teknik (Part 3)


Part3 :  Pemilihan Alternatif

Pendahuluan 

Pemilihan alternative merupakan sebuah tindkana dalam kegiatan ekonomi yang bebrtujuan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Beberapa factor yang mempengaruhi pemilihan alternative itu diantarangya NPV,BCR,IRR dan lain-lain

NVP (Net Present Value) merupakan selisih antara pengeluaran dan pemasukan yang telah didiskon dengan menggunakan social opportunity cost of capitalsebagai diskon faktor, atau dengan kata lain merupakan arus kas yang diperkirakan pada masa yang akan datang yang didiskontokan pada saat ini.Untuk menghitung NPV diperlukan data tentang perkiraan biaya investasi, biaya operasi, dan pemeliharaan serta perkiraan manfaat/benefit dari proyek yang direncanakan. (wikiperdia)

IRR berasal dari bahasa Inggris Internal Rate of Return disingkat IRR yang merupakan indikator tingkat efisiensi dari suatu investasi. Suatu proyek/investasi dapat dilakukan apabila laju pengembaliannya (rate of return) lebih besar dari pada laju pengembalian apabila melakukan investasi di tempat lain (bunga deposito bank, reksadana dan lain-lain).

Benefit cost ratio (B/C R) merupakan suatu analisa pemilihan proyek yangbiasa dilakukan karena mudah, yaitu perbandingan antara  benefit dengan  cost.Kalau nilainya < 1 maka proyek itu tidak ekonomis, dan kalau > 1 berarti proiyekitu feasible. Kalau B/C ratio = 1 dikatakan proyek itu marginal (tidakrugi dan tidak untung)

pembelajaran mengenai NPV dan Cara penyelesaiannya


pengghitungan NPV dapat di hitung dengan cara menjumlahkan segala perlakukan dalam chase flow misasalanya
Maka NPVnya  = -Invest+Abeneif+SV-Acost

Wah kalo kita menemukan case flow yang di bagi menjadi dua bagian  mengerjakanya itu bias dengan cara membagi menjadi dua atau memotong bagian yang terbesar misalnya

Diketahui selama 5 tahun si A membayar 5 jt dan tapda 2 tahun berikutnya 3 jt i=5%
  • Membagi menjadi dua bagian




          NVP = 5 jt (P/A; 5%,5)+3(P/A;5%,2)(F/A;5%,5)






  •              Memotong bagian yang terbesar




          NVP= 3jt(P/A;5%,7)+2 jt(P/A;5%,5)








Dalam sebuah pilihan sering kali nilai umur atau range investasinya itu berbeda, untuk menyelesaikan nilai range yang berbeda kita dapat mencari dengan menggunakan nilai KPK dari range tersebutmisal suatu contaoh nie ya.



Alternatif
A
B
Informasi
Investment
 1600  jt
1200 jt
Annual Benefit
850 jt
750 jt
Annual Cost
200 jt
150 jt
SV value
450 jt
500 jt
Range Inveset
4 th
3 th
Tingkat suku benga
8 %
8 %


Dari table tersebut kita dapat melihat jika range investnya berbeda yaitu 4 dan 3 untuk menyelesaikannya kita menggunakan nilai KPK dari nilai tersebut yaotu 12 ( untuk apa? Untuk memukan titik temu antara kedua nilai tersebut)


Tugas beuat kalian deh bagi yang baca..? mencari mana yang paling besar keuntunganya
minggu depan aku kasih tau jawabnya 


daftar pustaka

gambar 
koleksi pribadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

gunakan bahasa yang baik dan sopan