Laman


Selamat Datang di rumah PrabuMatram.blogspot.com

Live Economic Calendar Powered by Forexpros - The Leading Financial Portal

Jumat, 25 November 2011

Dasar-Dasar Investasi



Setelah kita mempelajari alaisa kelaykan berinvestasi sebenarnya kita juga harus mengetahui dasar-dasar dan pengertian berinvestasi. Sering kali kita mendengar kata investasi di masyarakat luas, biasnya investasi berhubungan dengan aktifitas penanaman modal suatu perusahaan dimana investasi ini di titik beratkan pada penanaman modal dalam jumlah yang sangat besar. Di  beberapa blog dan Wikipedia meneragkan bahwa investasi Menurut Sunariyah (2003:4): “Investasi adalah penanaman modal untuk satu atau lebih aktiva yang dimiliki dan biasanya berjangka waktu lama dengan harapan mendapatkan keuntungan di masa-masa yang akan datang.” Menurut Husnan (1996:5) menyatakan bahwa “proyek investasi merupakan suatu rencana untuk menginvestasikan sumber-sumber daya, baik proyek raksasa ataupun proyek kecil untuk memperoleh manfaat pada masa yang akan datang.” Hal ini dikarenakan karena  dilihat dari kegiatan ekonomi di sekitar, dalam sebuah proyek besar pasti memerlukan biaya yang cukup tinggi dan membutuhkan orang-orang yang mau menginvestasikan modalnya agar proyek yang akan dikerjakan ini berjalan.  

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi sebauh investas



Analisis kondisi makroekonomi

Sebagai investor kita hendaknya mengetahui kondisi real perekonomian yang terjadi dalam lingkun nasional ini bisa dilihat dari kondisi makroekonominya dari sektero suku bunga bank, terus nilai inflansi atau hal yang lainnya.

Analisis pada jenis industry

Untuk investor yang berhati-hati biasanya mengumpulkan informasi mengenai perusahaan aatu industri yang akan di bantu permodalannnya. Juga ada analisa ini penting karena detiap jenis industry memiliki perbedaan perlakuan misalnya indusri asuransi dangan industry perbangkan ini sudah beda jauh. Sehingga pentingnya kita sebagai incestor untuk mengetahui pada industry apa kita nedinveskan modal kita

Analisis fundamental suatu perusahaan

Analisis fundamental adalah metode analisis yang didasarkan pada fundamental ekonomi suatu perusahaan. Teknis ini menitik beratkan pada rasio finansial dan kejadian - kejadian yang secara langsung maupun tidak langsung memengaruhi kinerja keuangan perusahaan. Sebagian pakar berpendapat teknik analisis fundamental lebih cocok untuk membuat keputusan dalam memilih saham perusahaan mana yang dibeli untuk jangka panjang (Wikipedia). Dari pengertian tersebut dapat dimengerti pentingga faktor ini.




Dari faktor tersebut dapat diambil beberapa jenis investor misalnya saya mengambil dari blog teman mengenai Tipe Investor Menurut profil Resiko

Tipe-tipe investor menurut profil resiko dalam berinvestasi dapat dideskripsikan berikut (www.danareksa.com/home/index_produk.cfm?act=investasiRepot)
1. Defensive
Investor dengan tipe defensive, investor ini berusaha untuk mendapatkan keuntungan dan menghindari resiko sekecil apapun dari investasi yang dilakukan. Investor tipe ini tidak mempunyai keyakinan yang cukup dalam hal spekulasi, dan lebih memilih untuk menunggu saat-saat yang tepat dalam berinvestasi agar investasi yang dilakukan terbebas dari resiko.
2. Conservative
Investor dengan tipe conservative, biasanya berinvestasi untuk meningkatkan kualitas hidup keluarga dan dengan rentang waktu investasi yang cukup panjang, misalnya, untuk pendidikan perguruan tinggi anak atau biaya hidup di hari tua. Investor tipe ini memiliki kecenderungan menanam investasi dengan keuntungan (yield) yang layak saja dan tidak memiliki resiko besar, karena filosofi investasi mereka untuk menghindari resiko. Walaupun investor conservative sering berinvestasi, investor ini umumnya mengalokasikan sedikit waktu untuk menganalisa dan mempelajari portofolio investasinya.
3. Balanced
Investor dengan tipe balanced, merupakan tipe investor yang menginginkan resiko menengah. Investor tipe ini selalu mencari proporsi yang seimbang antara resiko yang dimungkinkan terjadi dengan pendapatan yang dapat diraih. Tipikal investor ini bahwa mereka akan selalu berhati-hati dalam memilih jenis investasi, dan hanya investasi yang proporsional antara resiko dan penghasilan yang bisa diperoleh yang akan dipilih.
4. Moderately aggressive
Moderately aggressive, merupakan tipe investor yang tenang atau tidak ekstrim dalam menghadapi resiko. Investor ini cenderung memikirkan kemungkinan terjadinya resiko dan kemungkinan bisa mendapatkan keuntungan. Dalam hal ini, investor dengan tipe moderately aggressive selalu tenang dalam mengambil keputusan investasi karena keputusan yang ditetapkan sudah dipikirkan sebelumnya.
5. Aggressive
Investor aggressive, atau biasa disebut 'pemain', adalah kebalikan dari investor conservative. Mereka sangat teliti dalam menganalisa portofolio yang dimiliki.
Semakin banyak angka-angka dan fakta yang bisa dianalisa adalah semakin baik. Investor tipe ini umumnya berinvestasi dengan rentang waktu relatif pendek karena mengharapkan adanya keuntungan yang besar dalam waktu singkat. Walaupun tidak berharap untuk merugi, namun setiap investor aggressive menyadari bahwa kerugian adalah bagian dari permainan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

gunakan bahasa yang baik dan sopan